Saturday, February 23, 2019

Penelitian Teologi Natural

Teologi Natural adalah refleksi personal terhadap sumber daya alam dalam relasinya dengan pencipta (TUHAN). Sumber daya alam yang dimaksud disini sejauh yang dilihat, dijangkau, yang dialami atau dirasakan. Kemudian diadakan refleksi (perjumpaan logi dengan Theos) dalam ranah peta dan gambar Allah (Kejadian 1:28)
Teologi Natural semacam ini tentu tidak berdiri secara mutlak atas teologi natural yang dibangun pada masa lampau. Ide-ide teologi natural, tentu tidak terlampau jauh dengan ide yang pernah ada dalam ranah berteologi natural. Dalam konteks Pendidikan Kristen dan Teologi Kristen, berteologi natural adalah refleksi logis yang didasarkan pada kesaksian Alkitab tentang ciptaan-Nya. Teologi natural tidak dapat dilakukan diluar ciptaan Allah. Berteologi natural selalu dan senantiasi berinteraksi dinamis terhadap apa yang ada disekitar manusia. Yang ada disekitar manusia memungkinkan ia berteologi secara alamiah.
Jadi, berteologi natural dalam artikel ini berkorelasi dengan apa yang dilihat, dialami oleh Guru Pendidikan Agama Kristen. Dengan demikian, kini kita dapat berteologi natural.

KEBUTUHAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN: Salah satu variabel Penelitian

Berikut ini kami menyajikan beberapa topic penelitian dalam Pendidikan Agama Kristen. Topik-topik atau variabel tersebut berkisar pada kebutuahn primer Guru Pendidikan Agama Kristen.
Kebutuhan Pakaian
Baju Berkualitas Terhadap Prestasi Mengajar
Ikat Pinggang Berkualitas Terhadap Kesehatan Guru PAK
Sepatu Bermerek Terhadap Semangat Mengajar
Dompet Bermerek Internasional Terhadap Semangat Sosial Guru PAK Dalam Proses Pembelajaran
Tempat Belaja Standar Internasional Terhadap Kecintaan Mengajar
Dalam kehidupan sehari-hari, guru Pendidikan Agama Kristen berhadapan dengan rekan-rekan guru di bidang umum. Ada guru yang memenuhi kebutuhan primer dengan standar yang mungkin tidak ada pada guru Agama. Katakanlah standar pakaian bermerek.
Pakaian bermerek, misalanya untuk yang laki-laki: Celana dengan mereka …. Baju dengan merek …. Ikat pinggang dengan merek …. Dengan harga ….. Selain itu sepatu bermerek. Ada guru yang memakai sepatu merek ….. dengan harga ….. Apakah kebutuhan primer tersebut mempengaruhi semangat mengajar seorang guru Pendidikan Agama Kristen dalam suatu proses belajar mengajar.

PENGHASILAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN: Salah satu variabel Penelitian

Mengajar adalah pekerjaan professional. Sebagai pekerjaan professional maka ada aturan pemerintah untuk membayar tenaga professional sesuai ketentuan undang-undang Pendidikan Nasional. Pembayaran honor mengajar bagi seorang pegawai negeri tentu berbeda dengan pegawai swasta. Apalagi guru Pendidikan Agama Kristen yang bekerja di Sekolah Lazarus (Sekolah dengan andalan kuat iman, kurang roti). Sekolah-sekolah seperti ini lebih banyak menggunakan “persembahan kasih”, walaupun istilah persembahan kasih sebenarnya maknanya jauh lebih tidak mampu dilakukan oleh lembaga. Ingat TUHAN Allah memberi anak-Nya yang tunggal (Yoh. 3:16). Memberi yang tunggal berarti member seluruhnya.
SINGKONG DAN KOPI GURU PAK
Ketika saya sedang membuat artikel ini, saya disuguhkan singkong dan kopi. Itulah sebabnya saya membuat judul: Singkong dan Minuman Guru PAK.
Makan singkong untuk sebagian orang sangat menyenangkan, tetapi untuk sebagian orang mungkin tidak demikian. Saya termasuk orang yang senang makan singkong. Apalagi singkong bakar model kampong saya di Pulau “Shalom”. Di pulau ini, setiap ketemu orang pasti disapa shalom Bapa, Shalom Mam, Shalom Bapa Guru, Shalom Ibu Guru, Shalom Bapak Camat, Shalom Bapak Kepala Desa dst.
Kembali pada Singkong. Bagi Guru PAK yang sudah berusia, dan rentan terhadap gula, Singkong menjadi salah satu makanan pilihan. Alangkah indahnya kalau ada jagung.
Makan singkong sambil minum kopi, rasanya Enak bangat. Rasanya seperti sorga kecil (rasa senang/bahagia) jatuh ke atas meja. Kalau sekirannya mengetiknya di meja.
BERTEOLOGI NATURAL di Depan Rumah, Samping dan Belakang Rumah.
TUHAN itu sangat ilmiah. TUHAN menciptakan langit dan bumi serta isinya. Oleh karena alam semesta dicipta dalam keteraturan logi TUHAN maka isi alam menopang kehidupan manusia.
Saya bersyukur dapat bernafas secara lega di rumah. Hal ini disebabkan karena TUHAN mencipta udara yang saya nikmati secara gratis setiap detik. Saya juga dapat menjemur pakaian di depan rumah karena salah satu hasil logi TUHAN Allah adalah menciptakan Matahari. Saya menjemur pakaian dan disinari dengan sinar matahari sampai jemuranku kering dan kuangkat lagi ke dalam rumah. Matahari saya gunakan secara free setiap hari dari Jam 06.00 – 18.00 (Mulai matari terbit sampai terbenam).
TUHAN telah mencipta tanah, dibelakang rumahku ada tanah kosong, aku tanam pisang. Pisang itu menghasilkan buah bagi saya dan berbagi dengan tetangga. Saya menikmati betapa teduh karena pohon pisang di belakang rumah saya.
Selain itu, saya juga menanam pohon penyambung nyawa (daun sambung nyawa) atau daun Afrika. Daun ini bila dikunya rasanya pahit. Rasa pahit itu memberi manfaat pada tubuh. Ada yang menyatakan bahwa daun sambung nyawa atau daun afrika dapat mengobati rambut sehingga tetap awet muda alias tidak uban. Selain itu bisa mengobati gula. Bagi penderita gula dapat mengkonsumsi daun ini. Dalam suatu rapat gereja, ada seorang Bapak usianya diatas 55, ia punya pengalaman mengkonsumsi daun sambung nyawa.Katanya: Salah satu khasiat daun ini bagi dirinya yakni mengatasi uban, rambutnya tetap hitam berkat konsumsi daun sambung nyawa. Namun beliau mengingatkan agar konsumsi selama seminggu, setelah itu berhenti kemudian konsumsi lagi pada minggu berikutnya. Tentu bergantung pada khasiat yang sudah terasa. Jangan terlalu banyak juga karena bisa juga mengancam nyawa.
Disini kita menydari bahwa setiap tumbuh-tumbuhan memiliki khasiat untuk manusia. Inilah keunikan Berteologi Natural di Rumah dan tempat tempat lain. Memandang lingkungan dalam perspektif teologi dan Ilmu pengetahuan. Keduanya dapat berjalan bersama-sama. Berilmu sambil berteologi, berteologi sambil berilmu.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.